PENATALAKSANAAN PEMBERIAN TERAPI PURSED LIPS BREATHING TERHADAP STATUS OKSIGENASI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DENGAN PNEUMONIA

Januwati, Adelia (2022) PENATALAKSANAAN PEMBERIAN TERAPI PURSED LIPS BREATHING TERHADAP STATUS OKSIGENASI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DENGAN PNEUMONIA. Diploma thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 119001-Adelia Januwati.pdf] Text
119001-Adelia Januwati.pdf

Download (662kB)

Abstract

Latar Belakang Pneumonia disebut juga sebagai "pandemic yang terlupakan atau "the forgotten pandemic, karena tidak banyak perhatian terhadap penyakit ini, sehingga pneumonia disebut juga pembunuh balita yang terlupakan atau "the forgotten killer of children" (Hidayatin, 2020). Tujuan penelitian: Untuk Mengidentifikasi tingkat status oksigenasi pada pasien pneumonia pada anak sebelum dan setelah pursed Lips breathing (PLB) penatalaksanaan pemberian terapi pursed lips breathing pada anak dan faktor- faktor apa saja yang mempengarui menggunakan pursed lips breathing Metode penelitian penelitian ini menggunakan metode wawancara yang bertujuan untuk melaporkan pengetahuan perawat terkait pursed lips breathing dan metode yang sering dilakukan pada anak dengan kriteria inklusi Perawat ci ruang anak dengan masa kerja > 5 tahun dan pendidikan minimal S1 Keperawatan. Hasil Penelitian: menurut perawat CI Efektif untuk dilakukan pada anak dengan saturasi oksigen diatas 90% dan menunjukan bahwa pursed lips breathing dapat dilakukan dengan faktor penghambat yaitu Kurang pengetahuan perawat dan Anak yang tidak mau dilakukan metode ini. Kesimpulan: Penatalaksanan pemberian terapi Pursed lips breathing ini dapatmenambah alternatif intervensi mandiri perawat dalam mengatasi pasien anak yang mengalami pneumonia dengan gangguan oksigenasi dengan pneumonia menggunakan balon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Program Studi > Diploma Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:08
Last Modified: 01 Oct 2024 04:08
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item
View Item