PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MERAWAT ANAK USIA SEKOLAH DENGAN KANKER LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT (LLA) A SINGLE CASE STUDY

Ratna Dewi, Sari (2024) PENGALAMAN ORANG TUA DALAM MERAWAT ANAK USIA SEKOLAH DENGAN KANKER LEUKEMIA LIMFOBLASTIK AKUT (LLA) A SINGLE CASE STUDY. Doctoral thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 323056-Sari Ratna Dewi.pdf] Text
323056-Sari Ratna Dewi.pdf

Download (790kB)

Abstract

Latar Belakang: Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) merupakan benink leukemia yang paling lazim dan paling umum dijumpai pada anak yaitu terhitung sekitar 74% (leukimia limfoblastik akut itu sendiri adalah suatu penyakit keganasan pada jaringan hematopoetik yang ditandai dengan penggantian elemen sumsum tulang normal oleh sel darah abnormal atau sel leukemik dan penyebabkan UAN penekanan dan penggantian unsur sumsum yang normal. Kanker yaitu penyakit tidak menular yang disebabkan oleh sel atau jaringan tidak normal yang dapat berkembang sehingga mengganggu metabolisme tumbuh dan berkembang dengan cepat. jika jaringan tersebut sudah berkembang pesat maka beberapa penyakit komplikasi dari penyakit ini juga bisa menyebar dengan cepat pula. Penyebaran kanker ini melaui jalan pembuluh darah atau pembuluh getah bening. Semua unsur yang membentuk organ yang punya potensi untuk menyebabkan kanker. Diawali dari masa tumor, sel kanker bisa berkembang sangat ganas (Kemenkes, 2019). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah akibat hospitalisasi di rumah sakit. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimental design dengan tqo- group pre-post test design dimana jumlah responden sebanyak 80 dan dibagi menjadi kelompok intervensi (40) dan kelompok kontrol (40). Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan paired sample t-test dan independen sample t-test kriteria inklusi pada penelitian ini yaitu anak prasekolah usia 3-6 tahun. Intrumen yang digunakan yaitu PAS (Preschool Axiety Scale) yang di kembangkan oleh Dr. Susan H spance. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi atau kelompok yang diberikan perlakuan dengan p-value 0,000 (p<0.05). Saran: diharapkan dapat menjadi salah satu distraksi menarik dengan menerapkan puzzle yang dapat digunakan dalam asuhan keperawatan anak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Program Studi > Diploma Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:39
Last Modified: 04 Oct 2024 02:39
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item
View Item