PENGARUH FLASH CARD EDUCATION TERHADA PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA ANAK USIA SEKOLAH

Sri Wahyuni, Kiki (2023) PENGARUH FLASH CARD EDUCATION TERHADA PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA ANAK USIA SEKOLAH. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 219018-Kiki Sri Wahyuni.pdf] Text
219018-Kiki Sri Wahyuni.pdf

Download (765kB)

Abstract

Latar belakang: Demam Berdarah merupakan penyakit yang menginfeksi mamusia dengan penyebaran yang tinggi. Pada tahun 2022 jumlah kasus DBD sebanyak 131.265 kasus dimana 40% nya terjadi pada anak anak usia 0-14 tahun. Salah satu upaya yang harus di lakukan yaitu dengan pemberdayaan anak usia sekolah dengan pemberian edukasi menggunakan media flash card Flash card adalah salah satu media yang bisa di gunakan untuk menyampaika informasi pada anak sekolah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh flash card education terhadap perilaku pencegahan demam berdarah dengue. Metode: Penelitian ini merupakan kuantitatif desain Pre-exsperimental Two-Group pre-post test design dengan Teknik random sampling di mana jumlah responden terdapat 250 orang di bagi menjadi 144 intervensi dan 106 control. Dengan kriteria anak usia 9-11 tahun, di ukur dengan menggunakan insrumen perilaku pencegahan DBD. Hasil: hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok intervensi yang sudah di berikan flash card education dengan nilai p- 0.00 dan terdapat perbedaan skore perilaku yang signifikan pada kedua kelompok dengan p- 0.00. Kesimpulan terdapat pengaruh Flash Card Education terhadap perilaku pencegahan Demam Berdarah Dengue pada anak usia sekolah. Saran peneliti berharap flash card education ini bisa menjadi salah satu media edukasi dalam meningkatkan perilaku pencegahan DBD dan penyakit lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:56
Last Modified: 10 Oct 2024 03:56
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item
View Item