FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING

Aprizal Rizkiawan, Aditya (2022) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 218001-Aditya Aprizal Rizkiawan.pdf] Text
218001-Aditya Aprizal Rizkiawan.pdf

Download (766kB)

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilatar belakangi oleh Student Center Learning (SCL) merupakan paradigma baru. Pada konsep ini dijelaskan bahwa pengajar dimungkinkan untuk membangun sendiri pengetahuannya, sehingga diharapkan mereka memperoleh pengetahuan mendalam yang akhirnya meningkatkan motivasi belajar dari pembelajar itu sendiri. serta belum adanya penelitian mengenai Motivasi Belajar mahasiswa keperawatan di STIKep PPNI Jawa Barat. Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Keperawatan dengan metode pembelajaran Student Centered Learning. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif cross sectional, dengan teknik sampling menggunakan G Power, analisa data menggunakan spearman correlation untuk melihat hubungan variabel serta linear regresi untuk melihat faktor yang mempengaruhi variabel dependen, dengan jumlah sampel 119 mahasiswa keperawatan. Analisa data menggunakan spearman corelation dan menggunakan linear regresi. Hasil: Hasil analisis bivariat diperoleh adanya hubungan konsep diri terhadap motivasi belajar dengan nilai p-value 0.026 (<0.05), adanya hubungan kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar dengan nilai p- value 0.000, serta adanya hubungan dukungan keluarga terhadap Motivasi Belajar dengan nilai p-value 0,016. Serta hasil analisis multivariate menunjukkan bahwa kecerdasan emosional merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap Motivasi belajar mahasiswa keperawatan dengan nilai signifikansi 0.000 (p-value <0.05). Kesimpulan: Faktor yang paling berpengaruh terhadap Motivasi Belajar adalah Kecerdasan Emosional. Saran: Untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada diri mahasiswa dapat dilakukan dengan meningkatkan Kecerdasan Emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:43
Last Modified: 07 Nov 2024 02:43
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item
View Item