USABILITY PATIENT SAFETY EDUGAME PADA PEMBELAJARAN KESELAMATAN PASIEN MAHASISWA KEPERAWATAN

Eka Prasetia, Angga (2024) USABILITY PATIENT SAFETY EDUGAME PADA PEMBELAJARAN KESELAMATAN PASIEN MAHASISWA KEPERAWATAN. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 2122031-Angga Eka Prasetia.pdf] Text
2122031-Angga Eka Prasetia.pdf

Download (772kB)

Abstract

Latar Belakang: Keselamatan pasien adalah proses atau sistem rumah sakit yang bertujuan untuk memberikan pelayanan pasien yang lebih aman. Joint Commission Internasional (JCI) dan World Health Organitation (WHO) melaporkan bahwa I hingga 10 pasien yang dirawat di rumah sakit dapat mengalami insiden. Tujuan keselamatan pasien, sebagaimana diatur dalam Permenkes RI No.11 tahun 2017, adalah untuk mengurangi angka kejadian yang tidak diharapkan dan mencegah cedera yang disebabkan oleh tindakan atau ketidakmampuan untuk melakukan tindakan. Mahasiwa keperawatan yang sedang melakukan praktik di rumah sakit memiliki potensi untuk melakukan kesalahan, sehingga pendidikan keperawatan dan pemahaman konsep patient safety menjadi penting. Pembelajaran inovatif, termasuk penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi seperti edukasi game, dapat meningkatkan pemahaman dan minat mahasiswa dalam konsep keselamatan pasien. Namun, aplikasi mobile untuk pembelajaran sering menghadapi tantangan dalam hasil tingkat usability. Maka penilitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi usability pada aplikasi patient safety edugame dalam pendidikan keperawatan. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi usability pada aplikasi patient safety edugame. Metode: Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini menguji aplikasi menggunakan use questionnaire yang meliputi usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction. Jumlah responden sebanyak 57 responden dari mahasiswa Tk.2 D3 dan S1 Keperawatan. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu distribusi frekuensi. Hasil: Hasil penelitian pengujian usability didapatkan hasil 60% layak, dengan aspek usefulnesss 60% dinilai layak, ease of use 61% dinilai layak, ease of learning 60% dinilai layak, dan satisfaction 61% dinilai layak. Kesimpulan: Pengguna menganggap aplikasi ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 18 Nov 2024 07:18
Last Modified: 18 Nov 2024 07:18
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item
View Item