PENGARUH PENERAPAN METODE TOUCH AND TALK TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH SAATN DILAKUKAN TINDAKAN INVASIF DI RUANG ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG

Abdu Rahman Kurniawan, Divi (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE TOUCH AND TALK TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH SAATN DILAKUKAN TINDAKAN INVASIF DI RUANG ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 043315131054-Divi Abdur Rahman Kurniawan.pdf] Text
043315131054-Divi Abdur Rahman Kurniawan.pdf

Download (462kB)

Abstract

Prevalensi rata-rata anak usia prasekolah yang menjalani hospitalisasi selama 3 bulan terakhirdi ruang rawat anak RSUD Majalaya sebanyak 40% anak dan hampir seluruhnya mengalamikecemasan. Kecemasan pada anak usia prasekolah dapat berisiko mengganggu tumbuhkembang anak dan proses penyembuhan anak. Tindakan invasif merupakan stresor yangmembuat anak mengalami kecemasan, salah satu upaya untuk meminimalkan kecemasanyaitu penerapan metode Touch and Talk yang mengikutsertakan orang tua saat dilakukantindakan invasif dan merupakan salah satu prinsip dari Atraumatic Care. Tujuannya untukmengetahui pengaruh metode Touch and Talk terhadap kecemasan anak prasekolah di ruangDahlia RSUD Majalaya. Jenis penelitian Quasy Eksperiment dengan One Group PretestPosttest With Control Group, dengan sampel sebanyak 24 responden yang diambil dengancara Accidental Sampling. Analisis data yang dilakukan uji ststistik parametrik yaitu PairedSampel T Test. Penelitian ini menunjukan adanya pengaruh metode Touch and Talk terhadapkecemasa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:56
Last Modified: 15 Aug 2024 01:56
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item
View Item