Eka Oktavia, Delia (2017) Hubungan Peran Pembimbing Akademik Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Di Stikep PPNI Jawa Barat. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.
![[thumbnail of 043-315-13-1-048-Delia Eka Oktavia.pdf]](https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
043-315-13-1-048-Delia Eka Oktavia.pdf
Download (454kB)
Abstract
Salah satu masalah akademik yang dihadapi oleh mahasiswa di STIKep PPNI Jawa Barat adalah kurangnya motivasi belajar. Program bimbingan akademik yang dijalankan oleh pembimbing akademik menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran pembimbing akademik dengan motivasi belajar pada mahasiwa di STIKep PPNI Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah 100 orang yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah univariat (perhitungan persentase) dan bivariat (Spearman Rank). Hasil penelitian didapatkan peran pembimbing akademik dengan kategori baik sebanyak 46 responden (46%), dan kurang baik sebanyak 54 responden(54%), dengan motivasi belajar pada mahasiswa, kategori tinggi sebanyak 66 responden (66%), sedang sebanyak 34 responden (34%), dan rendah sebanyak 0 responden (0%), dimana diperoleh nilai P Value <alpha (0.001<0.05), sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan peran pembimbing akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswi di STIKep PPNI Jawa Barat. Saran: Bagi Institusi Pendidikan diharapkan pembimbing akademik memperhatikan mahasiswa dalam bimbingan dan bahan referensi untuk kepentingan dalam meningkatkan mutu pelayanan bimbingan akademik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Program Studi > Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | perpus.2 admin ppni |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:23 |
URI: | https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/291 |