Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode "Jigsaw" Terhadap Sikap Mencegah Seks Bebas Pada Remaja Di SMP Muhammadiyah 10 Ujung Berung Kota Bandung

Alvian, Arif (2017) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode "Jigsaw" Terhadap Sikap Mencegah Seks Bebas Pada Remaja Di SMP Muhammadiyah 10 Ujung Berung Kota Bandung. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 043315131045-Arif Alvian.pdf] Text
043315131045-Arif Alvian.pdf

Download (413kB)

Abstract

Masalah utama yang dihadapi remaja Indonesia selain masalah narkoba dan HIV, seks bebas merupakan salah satu pokok yang perlu diperhatikan. Seks bebas adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis, mulai dari tingkah laku yang dilakukannya seperti sentuhan dan berciuman (kissing). Hasil survey Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pada Oktober 2013,memaparkan bahwa sekitar 62,7% remaja di Indonesia telah melakukan hubungan seks di luar nikah, 20% dari 94.270 perempuan yang mengalami hamil di luar nikah. Pendidikan kesehatan dengan metode Jigsaw merupakan satu dari metode kooperatif yang paling fleksibel. Mengetahui pengaruh metode pendidikan Jigsaw terhadap sikap mencegah seks bebas pada remaja awal di SMP Muhammadiyah 10 ujung berung kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Eksperiment dengan One Grup Pretest Postest dengan jumlah sampel 46 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Jigsaw terhadap sikap remaja mengenai seks bebas dengan nilai median 39,00 dan p-value 0,029. Saran ditujukan khusus pihak sekolah agar meningkatkan pendidikan kesehatan berbasis metode Jigsaw khususnya mengenai seks bebas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.2 admin ppni
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:23
Last Modified: 15 Aug 2024 03:23
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item
View Item