GAMBARAN ADIKTIF BERMAIN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMAN 4 KARAWANG

Winarti Winarti, Wiwin (2018) GAMBARAN ADIKTIF BERMAIN GAME ONLINE DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMAN 4 KARAWANG. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 043-315-16-1-1-022-Wiwin Winarti.pdf] Text
043-315-16-1-1-022-Wiwin Winarti.pdf

Download (445kB)

Abstract

Perkembangan internet di Indonesia sangat pesat. Salah satu perkembanganinternet yang marak digemari remaja adalah game online. Kemudahan untukmengakses game online didukung dengan kehadiran smartphone dan komputer,sehingga seseorang yang bermain game online secara terus menerus akanmemiliki sifat adiktif yaitu dapat menyebabkan kecanduan. Fenomena kecanduangame online pada remaja dapat mempengaruhi motivasi belajarnya. Tujuan daripenelitian ini untuk mengetahui gambaran adiktif bermain game online danmotivasi belajar pada siswa di SMAN 4 Karawang. Design penelitian inimenggunakan deskriptif kuantitatif dan dilakukan pada bulan januari tahun 2018dengan sampel 65 responden yang diambil dengan metode purposive samplingsesuai kriteria inklusi dan ekslusi, tehnik pengumpulan data menggunakankuisioner dan analisa menggunakan distribusi frekuensi. Hasil siswa yangmemiliki kecanduan sebesar (81.5%) dan motivasi belajar siswa rendah sebesar(50.2%). Saran bagi lokasi penelitian diharapkan menjadi sumber informasi untukguru memberikan pendidikan kepada siswa tentang manfaat internet.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:45
Last Modified: 15 Aug 2024 03:45
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item
View Item