PENGEMBANGAN MODUL SUPPORTIVE EDUCATIVE BERBASIS FAMILY CENTERED CARE DALAM MENINGKATKAN DUKUNGAN CAREGIVER PADA ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19

Ayu Oktaviani, Ika (2021) PENGEMBANGAN MODUL SUPPORTIVE EDUCATIVE BERBASIS FAMILY CENTERED CARE DALAM MENINGKATKAN DUKUNGAN CAREGIVER PADA ANAK SELAMA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 217021-Ika Ayu Oktaviani .pdf] Text
217021-Ika Ayu Oktaviani .pdf

Download (435kB)

Abstract

Latar Belakang: Intervensi untuk mengoptimalkan dukungan keluarga sangatdibutuhkan pada anak yang terkonfirmasi Covid-19, karena Keluarga dianggap sebagaimitra bagi perawat untuk mengoptimalkan pengetahuan serta edukasi yang akandiberikan kepada keluarga serta pasien Covid-19. Intervensi dalam meningkatkandukungan keluarga melalui Supportive Educative System berbasis Family CenteredCare dikemukakan oleh Dorothea Orem. Diperlukan pengembangan sebuah modulSupportive Educative Sytem secara terperinci, yang selanjutnya dapat digunakan sebagaipanduan dalam membantu meningkatkan dukungan keluarga terhadap anak dengancovid-19. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk Menyusun Pengembangan ModulSupportive Educative-berbasis Family Cantered Care Dalam Meningkatkan DukunganCaregiver Pada Anak Selama Pandemi Covid-19. Metode: penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapyaitu Analysis, tahap Design, dan Development. Hasil: Diperoleh informasi tentangmateri isi modul melalui telusur jurnal dari google scholar dan pubmed. Surveylapangan didapatkan informasi dari para ahli. Pada tahap design tersusun prototipemodul berupa garis besar isi modul, diperoleh rancangan awal tentang isi yang ditulisdalam modul dan bagaimana urutan materi yang disajikan. Dan tersusunnya instrumenpenilaian isi materi, media dan kegunaan modul melalui uji konten kepada ahli.Selanjutnya pada tahap development diperoleh penilain dari ahli materi sebesar 79,16%untuk isi materi, penilaian media oleh ahli media sebesar 75%, dan penilaian moduloleh orang tua sebagai pengguna sebesar 74,54% Kelayakan modul yang dikembangkantermasuk dalam kategori “Baik”. Kesimpulan: Modul Supportive Educative-berbasisFamily Cantered Care Dalam Meningkatkan Dukungan Caregiver Pada Anak SelamaPandemi Covid-19 baik untuk dikembangkan.Saran. Dilanjutkan pada implementationdan Evaluasi serta adanya kolaborasi intitusi pendidikan dengan perawat komunitasdalam memberikan asuhan perawatan melalui modul Supportive Educative berbasisFamily Centered Care.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:52
Last Modified: 21 Aug 2024 03:52
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item
View Item