PENGARUH PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN PPNI JAWA BARAT

Novelia Putri Utami, Prian (2021) PENGARUH PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN PPNI JAWA BARAT. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 217035-Prian Novelia Putri Utami .pdf] Text
217035-Prian Novelia Putri Utami .pdf

Download (452kB)

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di bidangakademik menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh mahasiswa.Mahasiswa sebagai bagian dari institusi pendidikan tidak akan lepas dari tugas yangbersifat akademik dan non akademik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untukmengidentifikasi Pengaruh Pelatihan Self-Regulated Learning terhadapProkrastinasi Akademik pada Mahasiswa STIKep PPNI Jawa Barat. MetodePenelitian: Metode penclitian yang digunakan adalah metode Quasi ExprerimentalDesign dan Rancangan One Group pre-test and post test. Pengambilan sampelsebanyak 60 Responden. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan bahwaadanya perbedaan yang sigifikan antara hasil sebelum dan sesudah pemberianintervensi self-regulated learning. Dapat dilihat jika nilai signifikan 0,001 (p <0,05). Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapatpengaruh penurunan prokrastinasi akademik mahasiswa setelah diberikanintervensi pelatihan self-regulated learning. Saran dalam penelitian ini diharapkandapat menjadi pertimbangan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnyadengan subjek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:08
Last Modified: 21 Aug 2024 04:08
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item
View Item