TINAJUAN SISTEMATIS TENTANG EFEKTIFITAS PELATIHAN TERHADAP PERILAKU CARING PERAWAT

Nurlaila Nurlaila, Siti (2021) TINAJUAN SISTEMATIS TENTANG EFEKTIFITAS PELATIHAN TERHADAP PERILAKU CARING PERAWAT. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 2119014-Siti Nurlaila.pdf] Text
2119014-Siti Nurlaila.pdf

Download (447kB)

Abstract

keperawatan yang dapat dipengaruhi oleh faktor individu tersebutbaik secara emosi, kematangan psikologis, kemampuan akademik,faktor organisasi dan kegiatan yang diikuti serta faktor religious danpsikologis dari individu tersebut. Tujuan: Penelitian ini bertujuanuntuk meninjau penelitian sebelumnya mengenai efektifitaspelatihan terhadap perilaku caring perawat. Metode: Penelitian inimerupakan tinjauan sistematis terhadap literaur yang ada untukmengetahui hasil penelitian sebelumnya mengenai efektifitaspelatihan terhadap perilaku caring. Kriteria inklusi pencarian artikelyaitu perawat pelaksana, penelitian kuantitatif, metode pelatihancaring. Pengkajian kualitas dari setiap artikel dilakaukan denganmenggunakan format standar dari JBI Critical Appraisal Cheklist forquantitative Study. Hasil: Hasil penelitian ini menyatakan 8 artikeldengan kualitas baik untuk dilakukan review,dan menghasilkan 7tema mampu mewakili seluruh artikel yang dianalisis yaitu kepadatahun, menggunakan sample perawat pelaksana dan pelatihan caring.Kesimpulan:Kesimpulan dari jurnal yang direviu menunjukanbahwapelatihan caring dapat meningkatkan kualitas keperawatandan kepuasan pasien, mutu pelayanan menjadi lebih baik, perilakucaring meningkat dengan menerapkan komunikasi terapeutik, dankecerdasan emosional berpengaruh pada perilaku caring. Lamapelatihan dalam setiap artikel lebih sering melakukannya selama 4bulan, dan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan setiap minggu,hasil pengukuran menggunakan metode partisipatif terdapatpeningkatan sebesar 16,65%, hasil pengukuran menggunakaninstrumen Caring Nurse Patient Interactions Scale (CNPI),peningkatan soft skills caring perawat terjadi sejak follow up 2minggu sesudah pelatihan. Kontribusi pelatihan soft skills caring69,2 % pada follow up 2 minggu, 79,7% follow up 4 minggu, dan83,1% pada follow-up 6 minggu, dan hasil pengukuran menggunaanmetode kuesoner terdapat peningkatan 80% setelah dilakukanpelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:01
Last Modified: 21 Aug 2024 06:01
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item
View Item