FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Dewi Mulyati, Elsa (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 218098-Elsa Dewi Mulyati .pdf] Text
218098-Elsa Dewi Mulyati .pdf

Download (371kB)

Abstract

Latar belakang: Abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memilikiketerampilan yang kreatif, mampu berfikir kritis dan mandiri dalam belajar. Salahsatu kemampuan yang diharapkan tërbentuk pada Mahasiswa keperawatan adalahpengambilan keputusan, Adanya keberanian dalam mengambil keputusan danpemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan dasar yang dapatterbentuk dari kemandirian belajar. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yangberhungan dengan kemandirian belajar pada mahasiswa keperawatan dalampembelajaran Blended Learning. Metode: Merupakan penelitian kuantitatifdengan desain Cross Sectional Study menggunakan teknik random sampling dari142 Mahasiswa. Analisis regresi logistik digunakan untuk menentukan faktoryang paling berhubungan dengan kemandirian belajar. Hasil: Berdasarkananalisis Bivariat Spearman rank menunjukan yariabel konsep diri, motivasibelajar, minat belajar dan pola asuh orang tua memiliki hubungan signifikandengan kemandirian belajar Mahasiswa dengan nilai P-value 0.000 degan arahhubungan positif. Sedangkan analisis multivariate menggunakan Regresi Logistikmenunjukan bahwa faktor yang paling berhubungan dengan kemandirian belajaradalah motivasi belajar dengan P-value 0.000, yang mampu menjelaskankemandirian belajar sebesar 32,9 % sementara-sisanya dipengaruhi variabel lainsebesar 67,1%.Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, faktor yang palingberhubungan dengan kemandirian belajar yaitu motivasi belajar dengan nilai P-value 0.000 signifikan secara statistik p <0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 22 Aug 2024 03:05
Last Modified: 22 Aug 2024 03:05
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item
View Item