Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring

Ulvah Khoeriah, Nauva (2022) Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 218025-Nauva Ulvah Khoeriah.pdf] Text
218025-Nauva Ulvah Khoeriah.pdf

Download (422kB)

Abstract

Latar belakang: Terjadinya pandemic_Covid-19 mempengaruhi berbagai sector kehidupan, termasuk didalamnya sector pendidikan yaitu dilaksanakannya proses pembelajaran secara daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring ini terjadi berbagai perubahan aspek pembelajaran yang mampu mempengaruhi faktor dalam pencapaian prestasi akademik setiap mahasiswa. Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran daring. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan crosse sectional dengan metode deskriptif. Teknik sampling menggunakan software GPower dan diperoleh jumlah sampel 129 mahasiswa. Analisa data yang digunakan yaitu Spearman Rank Correlation untuk melihat hubungan variabel dan Linear Regresi untuk melihat faktor yang dapat mempengaruhi variabel dependen.. Hasil: Hasil penelitian menggunakan Spearman Rank Correlation diperoleh bahwa adanya hubungan minat belajar danmotivasi terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0.003 dan 0.041 (p-value<0.05). Kesimpulan: Faktor yang paling berpengaruh terhadap prestasi akademik adalah minat belajar dengan nilai signifikansi 0.004 (p-value <0.05). Saran: Mahasiswa diharapkan mampu mempertahankan serta meningkatkan minat belajar selama dilaksanakannya pembelajaran secara daring untuk mencapai prestasi akademik yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.2 admin ppni
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:25
Last Modified: 22 Aug 2024 06:25
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item