PENGARUH PENERAPAN SELF-MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKEP PPNI JAWA BARAT

Irma Suryani, Ade (2023) PENGARUH PENERAPAN SELF-MANAGEMENT TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKEP PPNI JAWA BARAT. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 219001-Ade Irma Suryani .pdf] Text
219001-Ade Irma Suryani .pdf

Download (568kB)

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya mahasiswakeperawatan yang memiliki prokrastinasi akademik kategori tinggi. Hal inidisebabkan berbagai faktor seperti ketidakmampuan mahasiswa mengelola waktudan menetapkan prioritas sehingga mahasiswa cenderung menunda menyelesaikantugas. Prokrastinasi akademik apabila tidak segera diatasi selain berdampak padapenurunan kinerja akademik juga akan berdampak pada pemahaman materi danpersiapan klinis yang dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam praktekkeperawatan di masa depan. Oleh karena itu, upaya untuk mengatasi prokrastinasiakademik dapat dilakukan dengan pemberian penerapan self-management.Tujuan: Mengetahui pengaruh penerapan self-management terhadap prokrastinasiakademik pada mahasiswa keperawatan di STIKep PPNI Jawa Barat. Metode:Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasy experimental denganrancangan two group pretest-postest design. Jumlah responden 60 orang denganpengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified randomsampling yang terdiri dari 30 kelompok intervensi dan 30 kelompok kontroldengan kriteria inklusi mahasiswa sarjana keperawatan yang masih aktifmengikuti proses pembelajaran di STIKep PPNI Jawa Barat dan memilikismartphone. Instrumen yang digunakan yaitu Tuckman Procrastination Scale.Analisis univariat menggunakan mean, SD, min, max dan analisis bivariatmenggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil:Berdasarkan hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai p-value 0,000 (p<0,05)dan uji independent sample t-test didapatkan p-value 0,000(p<0,05)yang artinyaterdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok intervensi dankelompok kontrol sehingga Ha diterima dan HO ditolak. Kesimpulan: Padapenelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan self-management memilikipengaruh terhadap penurunan prokrastinasi akademik pada mahasiswakeperawatan STIKep PPNI Jawa Barat. Saran: Materi self-management dapatdimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan keperawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:52
Last Modified: 23 Aug 2024 03:52
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item
View Item