Mega Utami, Julia (2023) Efektifitas Game Edukasi Quizizz Terhadap Perkembangan KOgnitif Pada Anak Usia Dini. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.
![[thumbnail of 219017-Julia Mega Utami.pdf]](https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
219017-Julia Mega Utami.pdf
Download (463kB)
Abstract
Latar belakang : Gangguan perkembangan sering dijumpai pada masa kanak-satunya yaitu gangguan perkembangan aspek kognitif. Perkembangan kognitif anak usia dini adalah kemampuan cara berpikir anak usia dini khususnya dalam mengingat sehingga pengetahuan anak bertambah. Salah satu penyebab keterlambatan perkembangan kognitif pada anak disebabkan oleh belum optimalnya stimulasi pembelajaran. Game edukasi quizizz merupakan salah satu intervensi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini. Tujuan : Mengetahui efektivitas game edukasi Quizizz terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan penelitian two group pretest-posttest with control group design. Jumlah responden sebesar 38 orang dengan masing-masing kelompok 19 orang, pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun, anak yang orangtuanya memiliki media elektronik seperti handphone. Instrumen yang digunakan adalah Dimensional Change Card Sort (DCCS). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu distribusi frekuensi, mean, standar deviasi, min, max, paired sample t-test dan independent sample t-test.Hasil:Pada uji Paired sample T-test menunjukan nilai p-value yang signifikan pada kelompok intervensi yaitu 0.000<0.05 sedangkan pada kelompok kontrol 0.630>0.05. Pada uji Independent sample T-test menunjukan nilai p-value signifikan yaitu 0.000<0.05. Kesimpulan: Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa game edukasi quizizz memiliki pengaruh terhadap peningkatan perkembangan kognitif pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan apapun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Program Studi > Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | perpus.2 admin ppni |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 04:14 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 04:14 |
URI: | https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/621 |