Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Protection Motivation Theory (PMT) Terhadap Knowledge, Attitude, And Practice (KAP) Human Papillomavirus (HPV) Vaccination Pada Remaja Putri

Herliana, Dina (2023) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Berbasis Protection Motivation Theory (PMT) Terhadap Knowledge, Attitude, And Practice (KAP) Human Papillomavirus (HPV) Vaccination Pada Remaja Putri. Masters thesis, keperawatan.

[thumbnail of 219058-Dina Herliana.pdf] Text
219058-Dina Herliana.pdf

Download (868kB)

Abstract

Latar Belakang: Human papillomavirus (HPV) adalah virus yang bisa
menimbulkan peradangan pada permukaan kulit dan menjadi penyebab kanker
senlks. Pencegahan sekunder remaja melalui peningkatan inforuasi tentang
kanker sen'iks. Pendidikan kesehatan adalah usaha yang disengaja untuk
mempengaruhi orang lain melakukan apa yang diharapkan. Protecti()n Mativation
Theary- (PN.{T) adaiah kerangka kerja untuk mempelajari sesuatu akibat dari rasa
takut, Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui pengatuh pendidikan
kesehatan berbasis protec'tion t?totivation theon: (PMT) terhadap knov'ledge,
gttitrule, antl practice (KAP) Human Papillonta Vints {HPY) vaccination pada
remaja putri. Metode: Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi
eksperimental menggunakan tut,a group pretest-posttest with cantrol group. Teknik
pengambiian sampel pada penelitian ini stratified rcndom sampling dan didapatkan
sampei 136 siswa putri dan dibagi menjadi 68 orang untuk kelompok intervensi dan
68 orang untuk kelornpok kontrol. Peneiitian ini dilakukan di SMA Negeri
Cirnanggung. Analisa data yang digunakan Paired Sample T-Test dan ANCOVA
Kuesioner yang digunakan dikembangkan oleh Winarto berjumlah 40 pertanyaan
terdiri dari 2i pengetahuan, 12 sikap, dan 7 perilaku. Ilasil: Pada hasil Analisa
bivariat menunjukkan bahwa adanya pengaruh Pendidikan kesehatan terhadap
knox,ledge . afiitutle, and practics human papilloma virus pada remaja putri hasil
Paired Sample T-Test nilai p-vaiue .000. Hasil ANCOVA sig .000 pada
pengetahuan, sikap, dan periiaku. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan berbasis
Ptotection Motivation Theory (PMT) dapat meningkatkan knowledge, attitude, and
practice Human Papilloma Virus {HPV} vaccination pada rernaja putri. Saran:
Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menganalisis atau menggali lebih dalam
mengenai pendidikan kesehatan untuk meningkatkan knowledge, attitttcle, ancl
practice Hunron Papillonttt l'irus {IF.PY\ vctc'cination pada remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:52
Last Modified: 06 Sep 2024 06:52
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item