PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN DIGITAL MODUL TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA MASYARAKAT

Mastriyani, Nindi (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN DIGITAL MODUL TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA MASYARAKAT. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 219024-Nindi Mastriyani.pdf] Text
219024-Nindi Mastriyani.pdf

Download (764kB)

Abstract

Latar Belakang: Bencana berbasis masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan bencana alam. Perawat dapat berperan dengan membantu masyarakat untuk kembali pada kehidupan normal melalui proses konsultasi atau edukasi. Dilakukan melalui pendidikan kesehatan sedangkan untuk media edukasi yang sekarang sedang banyak digunakan diantaranya yaitu menggunakan Digital Modul. Tujuan: "Adakah pengaruh pendidikan kesehatan dengan Digital Modul terhadap kesiapsiagaan bencana pada masyarakat". Metode Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Quasi-Experimental Two Grup pretest-posttest design. Jumlah responden sebesar 60. Kriteria Inklusi pada penelitian ini adalah berusia 17-35 tahun. Hasil: Analisa Mann-Whitney Test. Didapatkan nilai rata-rata kelompok intervensi lebih besar dari pada kelompok kontrol. Nilai Sig. (2-tiled) menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan intervensi Digital Modul terhadap tingkat kesiapsiagaan bencana pada masyarakat dengan nilai p-value sebesar 0.000 < 0.05. Kesimpulan: Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Modul Digital memiliki pengaruh terhadap peningkatan pada kesiapsiagaan masyarakat pada kelompok intervensi dan kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Saran: diharapkan kepada tenaga kesehatan agar bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:39
Last Modified: 09 Sep 2024 07:39
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item
View Item