PENGARUH TERAPI SELF TALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA

Hanifah, Nurazizah (2024) PENGARUH TERAPI SELF TALK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 219076-Nurazizah Hanifah.pdf] Text
219076-Nurazizah Hanifah.pdf

Download (638kB)

Abstract

Latar Belakang: Setiap individu memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar yaitu melalui terapi self talk. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi self talk terhadap motivasi belajar pada remaja. Metode: penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan desain two group pre-test post-test dengan jumlah sampel 115 responden dibagi menjadi (60) intervensi (55) kontrol. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner Academic Motivation Scale (AMS). Intervensi ini dilakukan selama 3 hari dengan durasi 60 menit.. Pertemuan 1 menuliskan self talk negatif tentang motivasi belajar. Pertemuan 2 membahas self talk negatif tentang motivasi belajar dan menuliskan self talk positif yang dapat membangkitkan motivasi belajar. Pertemuan 3 menetapkan self talk positif. Analisa data yang digunakan adalah paired sample t-test dan ANCOVA. Hasil: hasil penelitian ini terdapat perbedaan skor motivasi belajar pada kelompok intervensi yang sudah dilakukan terapi self talk dengan mean score pretest 148.72 (SD 8.667) mean score posttest 152.87 (±SD 13.890) dengan nilai p=0.004 dan terdapat pengaruh terapi self talk terhadap motivasi belajar dengan nilai p=0.032. Kesimpulan: terapi self talk efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja. Saran: terapi self talk dapat dijadikan sebagai referensi dalam membangun motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 14 Oct 2024 06:40
Last Modified: 14 Oct 2024 06:40
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1149

Actions (login required)

View Item
View Item