Maulida, Inggrit (2024) PENGARUH EDUKASI SELF CARE MANAGEMENT ACTIVITIES TERHADAP KUALITAS HIDUP PENDERITA HIPERTENSI. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.
219016-Inggrit Maulida.pdf
Download (782kB)
Abstract
Latar Belakang: Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular. Hipertensi dapat dicegah dengan farmakologi dan non-farmakologi. Self care management merupakan indikator keberhasilan setiap individu. Jika self care management dilakukan dengan baik maka hipertensi dapat terkontrol dengan baik Tujuan: Untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi self care management activities terhadap kualitas hidup penderita hipertensi. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Eksperiment dengan rancangan penelitian Pre-Exprerimental Two Grup Pre-post Test Design. Jumlah responden sebesar 60 responden dengan teknik Accidental, pada kelompok intervensi 30 responden dan kelompok kontrol 30 responden. Kriteria inklusi pada penelitian ini diantaranya: pasien yang terdiagnosa hipertensi dengan menggunakan sphygmomanometer, berusia 18-60 tahun, mampu berkomunkasi dengan baik, dan beredia untuk diwawancarai dan mau mengikuti semua prosedur penelitian dari awal sampai akhir. Kriteria eksklusi penelitian ini adalah pasien hipertensi dengan komplikasi. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner WHOQOL-BREFF. Hasil: Pada hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan tingkat kualitas hidup sebelum dan sesudah intervensi Self Care Management pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p-value 0.00. terdapat perbedaan kualitas hidup antara posttest kelompok intervensi dengan posttest kelompok kontrol dengan nilai p-value 0.001 (p<0.05). Kesimpulan: Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Self Care Management berpengaruh terhadap kualitas hidup penderita hipertensi pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Program Studi > Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | perpus.1 admin ppni |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 07:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 07:35 |
URI: | https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1174 |