PELAKSANAAN METODE BEDSIDE TEACHING LATIHAN RENTANG GERAK TERHADAP PSIKOMOTOR MAHASISWA

Sukma Agustian, Riza (2023) PELAKSANAAN METODE BEDSIDE TEACHING LATIHAN RENTANG GERAK TERHADAP PSIKOMOTOR MAHASISWA. Doctoral thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 3211015-Riza Sukma Agustian.pdf] Text
3211015-Riza Sukma Agustian.pdf

Download (571kB)

Abstract

Latar Belakang:. Psikomotor mahasiswa berhubungan dengan hasil belajar yang pencapaiannya dinilai melalui keterampilan (skill). Psikomotor mahasiswa dalam kegiatan praktik dipengaruhi oleh metode pembelajaran. Pembelajaran klinik dilakukan dengan beberapa metode, termasuk salah satunya adalah metode bedside teaching. Metode bedside teaching sering digunakan oleh pendidikan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat dalam mempelajari kasus nyata ataupun melakukan perawatan pasien langsung Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan metode bedside teaching latihan rentang gerak terhadap psikomotor mahasiswa. Metode: penelitian dengan desain studi kasus deskriptif. Jumlah responden dipenelitian ini sebanyak 6 responden, dengan instrument penelitian berupa lembar observasi latihan rentang gerak. Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan klinik dengan metode bedside teaching mampu meningkatkan tingkat psikomotor atau keterampilan mahasiswa dalam melakukan latihan rentang gerak. Kesimpulan: Bimbingan klinik dengan metode bedside teaching ini dapat diaplikasikan di lahan praktik guna meningkatkan keterampilan dari peserta didik. Saran: Diharapkan para pembimbing klinik dapat melaksanakan metode bedside teaching secara terstruktur sebagai salah satu metode bimbingan klinik dalam meningkatkan psikomotor atau keterampilan peserta didik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Program Studi > Profesi Ners
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:50
Last Modified: 22 Oct 2024 02:50
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item
View Item