AYU Septyani, Putri (2018) PENGARUH PEER GROUP EDUCATION TERHADAP PERSEPSI TIDAK MEROKOK PADA SISWA DI SMP KARYA PEMBANGUNAN KABUPATEN BANDUNG. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.
043315141034-Putri Ayu Septyani.pdf
Download (485kB)
Abstract
Latar Belakang: Merokok adalah perilaku yang membahayakan terhadapkesehatan seseorang dan bahkan bisa mengakibatkan kematian. Perilaku merokokdiawali oleh adanya persepsi negatif dari setiap individu terhadap perilakumerokok. Pendidikan kesehatan dengan metode Peer Group Educationmerupakan satu dari metode kooperatif yang paling fleksibel. Tujuan: Penelitianini bertujuan untuk mengatahui adanya pengaruh peer group education terhadappersepsi tidak merokok pada siswa di SMP Karya Pembangunan KabupatenBandung. Metode: Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen denganrancangan metode one group pretest posttest, dengan sampel sebanyak 21responden yang diambil dengan cara stratified sampling sesuai kriteia inklusi.Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Metode peer groupeducation dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dalam 2 minggu. Hasil: PeerGroup Education menunjukan adanya pengaruh terhadap persepsi tidak merokoksiswa yang dibuktikan dengan p-value 0,000 < α (0,05). Kesimpulan dan saran:Terdapat pengaruh peer group education terhadap persepsi tidak merokok padasiswa SMP Karya Pembangunan Kabupaten Bandung, dan saran ditujukan khususpihak sekolah agar meningkatkan pendidikan kesehatan berbasis metode PeerGroup Education khususnya mengenai merokok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Program Studi > Sarjana Keperawatan |
Depositing User: | perpus.1 admin ppni |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:55 |
URI: | https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/313 |