PENGARUH e-MENTORING DENGAN MEDIA INTERAKTIF VIDEO TERHADAP PENGALAMAN BELAJAR PATIENT SAFETY

Oktaviani, Vina (2024) PENGARUH e-MENTORING DENGAN MEDIA INTERAKTIF VIDEO TERHADAP PENGALAMAN BELAJAR PATIENT SAFETY. Masters thesis, STIKep PPNI Jawa Barat.

[thumbnail of 217135-Vina Oktaviani.pdf] Text
217135-Vina Oktaviani.pdf

Download (815kB)

Abstract

Latar belakang: Merabaknya coronavirus disease 2019 (COVID-19) Indonesia mulai membuat kebijakan dengan pembelajaran daring untuk semua tingkat dari SD hingga perguruan tinggi. Penggunaan e-Mentoring dapat mempertahankan interaksi tatap muka dengan memanfaatkan layanan obrolan video yang dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan yang menggunakan kecanggihan teknologi. Media yang dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran adalah media video. Media video dengan materi sasaran keselamatan pasien sedini mungkin harus diberikan pada mahasiswa keperawatan sebagai calon tenaga Kesehatan guna mencegah, dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Pengalaman belajar siswa diduga juga berperan bagi siswa untuk mampu memecahkan masalah dan berpikir kritis. Pengalaman berpengaruh besar dalam prestasi belajar, dan menjadi dasar menerima pengalaman-pengalaman baru. Tujuan: Untuk mengidentifikasi Pengaruh E-Mentoring Dengan Media Interaktif Video Terhadap Pengalaman Belajar Patient Safety Metode: Penelitian kuantitatif menggunakandesain Quasi-Experimental two group Pre-Post Test Design dengan teknik purposive sampling sebanyak 60 mahasiswa. Data yang diambil berupa Pengalaman Belajar menggunakan kuesioner Learning Experience Questionnaire (LEQ). Hasil: Hasil penelitian dengan Paired T-Test menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah intervensi pada kelompok kontrol dengan nilai sig. 0.289 >0.05. Kelompok intervensi ada perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah intervensi dengan nilai sig. 0.000 <0.05. Hasil menggunakan Independen T-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah intervensi pada kedua kelompok dengan nilai sig. 0.022 <0.05. Kesimpulan: Adanya Pengaruh e-Mentoring Dengan Media Interaktif Video Terhadap Pengalaman Belajar Patient Safety.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Program Studi > Sarjana Keperawatan
Depositing User: perpus.1 admin ppni
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:23
Last Modified: 11 Sep 2024 04:23
URI: https://repository.stikep-ppnijabar.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item
View Item